Selasa, 17 Maret 2015

Taman Nasional Bali Barat



Taman Nasional Bali Barat - Berwisata ke bali anda harus sudah menentukan tujuan anda. Apakah anda ke bali untuk wisata pantai? wisata danau? atau wisata alam? di bali banyak sekali terdapat objek wisata yang patut anda kunjungi, namun tidak mungkin kan kita bisa mengunjungi semua.
Untuk anda yang gemar berwisata alam, di bali juga ada. Taman Nasional Bali Baratnamanya, mengapa namanya berisi Bali Barat? ya karena lokasinya yang ada di bali bagian barat dekat dengan pelabuhan gilimanuk.
Taman Nasional bali barat adalah hamparan taman yang cukup luas di areal jalan raya Denpasar-Singaraja-Gilimanuk. Luas keseluruhan dari taman ini adalah 19.002 Hektar, dari luas tersebut 15.587 hektarnya berupa areal daratan dan sisanya berupa areal perairan.
Taman Nasional Bali Barat memiliki 2 buah pintu masuk yakni melalui gilimanuk sekitar 200 kilometer dari denpasar, dan dari pintu utama yakni dari arah singaraja yakni di pertigaan cekik yang sudah ditata dengan nuansa Nawasanga Linear.
Taman Nasional ini memliki berbagai macam flora maupun fauna yang membentang luas di areal taman nasional bali barat. Karena banyaknya flora dan fauna, taman ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian, perlindungan dan pelestarian margasatwa beserta ekosistem alaminya. Fauna yang hidup di taman ini sangat beragam, bahkan ada fauna yang benar-benar langka hidup dan dilindungi di taman nasional bali barat ini.
Diantaranya adalah menjangan (cervus timorensis), burung jalak bali (leucopsar rothchildi) yang hanya ada di Bali, kera abu-abu (macaca fasicularis), kera hitam (presbytes criscata),  kijang (muntiacus muntjak), kancil (tragulus javanicus),  kucing liar (felis bengalensis),banteng (bos javanicus), dan banyak lagi burung-burung dan reptilnya. Untuk jenis flora antara lain bayur (pterospermum diversifolium),  sono keling (dalbergia latifolia), sawo kecik (manilkara kauki), dan cendana (santalum album).
Selain dari pada daratan, taman nasional terkenal dengan kekayaan laut yang melimpah. Terumbu karang menjadi andalannya. Terumbu karang di laut menjangan ini sangat beragam dan berfariasi, Tim peneliti pada tahun 1998 menyebutkan 111 spesies karang dengan 18 familia dan juga 226 jenis ikan karang. 
Taman Nasional Bali Barat ini adalah sebuah kawasan yang sangat dilindungi oleh pemerintah setempat, oleh karena itu tak sembarang pengunjung dapat memasuki kawasan ini. Anda yang berkunjung ke kawasan taman nasional bali barat ini harus mendapat ijin dari pengawas setempat. Di dalam taman nasional bali barat terdapat 3 buah zona berbeda.
Zona ini memiliki fungsi dan pmanfaatan yang berbeda-beda, ketiga zona itu diantaranya zona inti yakni zona dimana pengunjung tidak diperbolehkan untuk memasuki zona ini karena pemanfaatannya hanya sebagai tempat penelitian dan pengembangan. Zona kedua adalah zona rimba yakni zona yang pemanfaatannya sebagai penunjang zona inti, namun di zona ini para wisatawan masih dapat dibebaskan untuk berpetualang. Zona yang terakhir adalah zona pemanfaatan intensif yaitu zona yang pemanfaatannya dikususkan untuk kepentingan budaya dan wisata, daerah yang termasuk zona ini adalah Pulau Menjangan, Teluk Terima, Prapat Agung, Bakungan, dan Klatakan. Disana para wisatawan dapat melakukan kegiatan wisata diantaranya  diving, trekking, birdwatching dan yang lainnya.
Bago anda para wisatawan yang gemar melakukan fotografi alam, Taman Nasional Bali Baratadalah tempat yang paling tepat bagi anda. Disana anda dapat sepuasnya memfoto setiap objek yang ada di taman ini tanpa takut ada yang melarang asalkan jangan membawa senapan untuk berburu. Bagi anda yang gemar dengan burung anda juga dapat menyaksikan secara langsung burung-burung langka di tempat ini.

Sumber : http://www.wisatabaliutara.com/2015/01/taman-nasional-bali-barat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar