Minggu, 22 Maret 2015

Gunung Agung

Gunung Agung merupakan salah satu objek wisata di Bali yang cukup terkenal. Gunung Agung berketinggian 3.014 meter diatas permukaan laut (dpl) dan dipercaya sebagai tempat tinggalnya para roh leluhur masyarakat Hindu Bali. Gunung Agung merupakan salah satu gunung aktif di Pulau Bali, dimana letusan terakhirnya terjadi sekitar tahun 1963 dan mengakibatkan kehancuran yang cukup parah, terutama di Kabupaten Karangasem.
Gunung Agung bertipe stratovolcano yang didalamnya memiliki kawah yang cukup besar dan dalam. Terkadang dari kawahnya  mengeluarkan asap dan belerang dalam jumlah yang cukup banyak. Tepat di kaki Gunung Agung terletak Pura Besakih yang juga sangat dijaga kesuciannya oleh umat Hindu, juga termasuk pura terbesar di seantero Bali. Jika dilihat dari Pura Besakih, nampak sekali puncak Gunung Agung  seperti kerucut runcing yang sempurna, meskipun keadaan puncaknya sendiri sebenarnya berbentuk memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.
Keindahan dari Puncak
Berada di ketinggian diatas 3000 meter sudah pasti bisa melihat alam Bali dan daerah sekitar secara sempurna. Pengunjung tak hanya dibius oleh pemandangan alam di sekitar Gunung Agung yang eksotis, juga Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Lombok bisa terlihat dari puncak gunung mashur ini. Disamping Rinjani, tak kalah pula keindahan gugusan Kepulauan Nusa Penida bisa ikut juga dinikmati dari puncak gunung. Demikian juga dengan Pantai Sanur serta Gunung dan Danau Batur yang bisa dinikmati dan dipandangi sepuasnya dari daerah tertinggi Gunung Agung.
Jalur Pendakian

Bagi para petualang, Gunung Batur juga tersedia jalur pendakian yang menantang. Saat ini, paling tidak ada tiga jalur pendakian yang bisa dilalui, yakni:
* Jika disusuri dari arah tenggara, maka bisa melalui daerah Nangka.
* Dari selatan, bisa dilalui dari Kecamatan Selat, Karangasem dengan basecampnya di Pura Pasar Agung.
* Dari arah barat yang merupakan jalur pendakian yang kerap digunakan oleh para pendaki, yaitu dari Pura Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem. Disebabkan banyaknya kecelakaan dan kejadian hilangnya beberapa pendaki, maka sejak tahun 2009 pendakian melalui jalur ini diharuskan untuk memakai jasa pemandu yang telah disiapkan untuk mengantisipasi segala hal yang tak diinginkan.
Ke Gunung Agung

Lokasi Gunung Agung ini terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Dengan mengambil jalur via Pura Besakih, wisatawan yang datang dari Denpasar bisa menuju ke utara dengan menempuh jarak sekitar 25 km. Atau bisa juga dilalui dari Kota Semarapura, Kabupaten Klungkung dengan menggunakan angkutan umum yang tarifnya berkisar antara Rp. 7000-10.000.
Sumber : http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/gunung-agung-istananya-para-dewa/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar