Minggu, 29 Maret 2015

Taman Narmada



Taman Narmada Lombokadalah salah satu kompleks taman di Pulau Lombok yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Selain itu nilai budaya di kompleks Taman Narmada ini juga layak untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata. Perkembangan pariwisata di Lombok yang semakin pesat memang tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, tetapi juga rangkaian obyek wisata lain seperti wisata budaya dan sejarah, termasuk Taman Narmada salah satunya.
Taman Narmada Lombok tepatnya terletak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, yang masih termasuk dalam kawasan Kabupaten Lombok Barat. Taman yang letaknya sekitar 10 km di sebelah timur kota Mataram ini memiliki luas keseluruhan sekitar 2 hektare. Luas area tersebut termasuk beberapa kompleks taman, kolam dan beberapa sumber mata air. Taman Narmada mulai dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Anak Agung Ngurah Karang Asem yang bertujuan untuk digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara Pakelem. Upacara tersebut biasa digelar pada purnama kelima di tahun Caka, atau sekitar bulan Oktober hingga November.
Namun dalam penggunaannya, Taman Narmada tidak hanya sebagai tempat upacara saja. Tetapi juga sering dipakai oleh raja dan anggota keluarga kerajaan untuk bersantai dan beristirahat, terutama saat musim kemarau dimana cuaca di Lombok cukup panas. Kesejukan udara yang ada di kompleks Taman Narmada ini memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat beristirahat. Penggunaan nama Narmada adalah karena pengaruh dari agama Hindu yang dianut oleh raja dan rakyat pada masa itu. Nama ini diambil dari nama anak sungai Gangga yang ada di India, yaitu Narmadanadi. Sungai yang dianggap suci oleh umat Hindu tersebut kemudian dipakai untuk menyebut kompleks taman yang indah ini.
Narmada sendiri awalnya diperkirakan adalah sebutan bagi sungai-sungai kecil yang mengalir di kompleks Taman Narmada. Dalam perkembangannya, nama Narmada kemudian dipakai untuk menyebut keseluruhan kompleks taman. Aneka macam tanaman tropis tumbuh dengan subur di Taman Narmada sehingga membuat suasana di tempat ini terasa sangat sejuk dan segar. Ada juga sebuah bangunan yang disebut Balai Petirtaan, yaitu sebuah tempat yang mempunyai sumber air dari Gunung Rinjani. Sehingga air yang mengalir juga masih sangat bersih dan jernih, serta dapat menambah kesegaran di sekitar Taman Narmada Lombok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar