Sabtu, 14 Maret 2015

Danau Kembar Buyan dan Tamblingan


Mungkin dibenak Anda bertanya-tanya, memang ada danau yang perawan? Perawan disini diasumsikan dengan objek wisata yang keindahan alamnya dirasakan masih sangat alami, belum banyak disentuh oleh modernitas atau tangan-tangan jahil manusia. Apakah masih ada objek wisata yang seperti itu? Jawabannya adalah Danau Buyan dan Tamblingan. Danau Buyan dan Tamblingan juga sering disebut sebagai “danau kembar” karena lokasinya yang berdekatan satu sama lain.

Danau Buyan dan Tamblingan merupakan danau kembar yang sangat memesona para pengunjung disebabkan karena keindahan alamnya yang masih sangat alami, nuansanya yang tenang, dan damai. Disamping menyajikan panorama alam yang begitu indah khas objek wisata di Bali lainnya, kedua danau ini juga belum banyak tercemar. Ketika mengunjungi Danau Buyan dan Tamblingan jangan harap Anda bakal diantar keliling danau dengan perahu motor misalnya, karena memang tidak disediakan. Penduduk sekitar cukup berkegiatan di sekitar danau hanya dengan menggunakan perahu-perahu kecil yang mereka sebut dengan “pedahu”.
Kenyamanan dan ketenangan danau bisa dirasakan karena dijamin pengunjung yang datang tak akan dibisingkan oleh deru mesin motor atau mobil yang menjadi ciri khas kota-kota besar. Pengunjung yang datang ke Danau Buyan dan Tamblingan bisa melakukan berbagai macam rekreasi air semisal mendayung, memancing, dsb. Areal sekitar danau yang masih hijau dan segar karena rerimbunan aneka pephonan sangat cocok bagi Anda yang menyenangi kegiatan rekreasi alam. Begitu juga, daya tarik kedua danau ini semakin lengkap dengan kedatangan kera-kera yang biasanya berlalu-lalang di jalan raya jurusan Denpasar-Singaraja yang kian hari kian bertambah banyak jumlahnya.
Berbagai macam fasilitas juga tersedia di Danau Buyan dan Tamblingan seperti tempat parkir di tepi danau, akomodasi, maupun penyewaan perahu bagi pengunjung yang ingin berkeliling menyusuri keseluruhan area danau. Sehingga tak mengherankan dengan berbagai kelebihan tersebut membuat banyak wisatawan asing maupun lokal yang menyempatkan diri untuk berkunjung ke Danau Buyan dan Tamblingan.
Danau kembar Buyan berlokasi di Kecamatan Sukasada, sebuah wilayah yang terletak sekitar 21 km sebelah selatan Kota Singaraja, berada di pinggr jalan Denpasar-Singaraja. Danau Buyan terletak di ketinggian 1000 m diatas permukaan laut sehingga suhu udaranya begitu sejuk, apalagi jika malam hari. Sedangkan Danau Tamblingan bisa ditempuh dengan melalui pertigaan ke arah Desa Munduk, Desa Gobleg, dan tembus di Lovina. Dari Desa Munduk, danau Tamblingan bisa ditempuh melalui jalan swadaya masyarakat sekitar.

Lokasi kedua danau ini sangat strategis karena diapit oleh tiga objek wisata terkenal lainnya, yakni Puran Ulun Danu di Bedugul, Air Terjun Git-Git, dan Pantai Lovina.
sumber : http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/menikmati-%E2%80%9Ckeperawanan%E2%80%9D-danau-kembar-buyan-dan-tamblingan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar