Jumat, 06 Februari 2015

Taman Ayun, Taman Dengan Penuh Sejarah

Hello J

      Buat kamu – kamu yang pengen liburan di bali bingung mau kemana ? terus yang udah tinggal dibali juga bingun mau jalan – jalan kemana ? tenang – tenang taman ayaun bisa menjadi solusi kalian semua.  Objek wisata Pura Taman Ayun adalah merupakan pura Ibu (Paibon) bagi Kerajaan Mengwi, Bali. Dikelilingi kolam ikan sehingga pada saat berada di tempat ini seolah-olah berada tengah danau, dibangun pada abad 17 (konon dibangun tahun 1634) oleh raja pertama Kerajaan Mengwi Tjokerda Sakti Blambangan dengan arsitek yang berasal dari cina. Awalnya pura ini didirikan karena pura-pura tempat peribadatan umat saat itu tersedia, jaraknya terlalu jauh untuk dijangkau oleh masyarakat Mengwi.

Taman Ayun dalam bahasa Bali, bermakna taman yang cantik. Pura Taman Ayun memiliki pemandangan yang indah. Pesonanya berasal dari kolam yang mengelilingi kompleks bangunan pura, yang berada di atas lahan seluas 4 hektare.

Dari kejauhan kolam tersebut terlihat seperti gelang air, sehingga seolah-olah bangunan pura berada di atas permukaan air. Pemandangan yang indah tersebut semakin lengkap dengan tumbuhnya rerimbunan pohon dan bunga di sekitar bangunan pura.


Kompleks pura Taman Ayun Bali ini terdiri dari tiga bagian, yaitu ruang terbuka, bangunan utama, dan bangunan-bangunan yang diperuntukkan bagi dewa dan dewi. Pada bagian pertama, digunakan untuk berbagai kegiatan religius dan panggung kesenian, wisatawan bisa menikmati indahnya susunan “meru”, yaitu pagoda dengan atap bertingkat-tingkat khas bangunan pura di Bali.

Jadi baut kalian-kalian yang belum pernah kesini buruan kesini ya J di jamin liburan kalian bakalan seru habis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar