Sabtu, 25 April 2015

Pasar Apung Sungai Barito

Pasar merupakan sebuah tempat dimana bertemunya para pedagang dan pembeli. WPDC kali ini main ke sebuah pasar, tapi bukan pasar biasa. Para pedagangnya menjajakan barang jualannya disebuah perahu. Perahu? Yah, mereka berjualan diatas sebuah sungai besar bernama Barito. Terletak di kota Banjarmasin,Kalimantan Selatan.
Dikenal dengan nama pasar terapung sungai Barito atau pasar terapung Muara Kuin, pasar tradisional ini memulai aktivitasnya mulai saat subuh. Kalau kamu mengira mereka berjualan hanya disekitar tepian sungai, maka dugaan kamu salah! Karena para pedagang juga ada sampai yang ke tengah, mungkin cari posisi yang pas dan feng shui juga bagus.
Perahu yang digunakan pun ukurannya beragam jenis, mulai dari yang kecil hingga yang lumayan besar. Kalau yang kecil itu namanya perahu jukung. Awal mulanya kebanyakan masih menggunakan jukung para pedagang untuk berjualan. Tetapi semakin banyak barang dagangan yang dijual, beberapa pedagang mengganti ukuran perahunya dengan yang besar. Yah, supaya muat lebih banyak.
Pedagang mayoritas di pasar terapung adalah kaum perempuan, dengan menggunakan pakaian tanggui dan caping lebar khas Banjar terbuat dari daun rumbia mereka siap berjualan dan melayani pembeli. Lalu bagaimana para pembelinya? Tidak mungkin mereka berenang atau menggunakan jet ski kan? Tentu para pembeli menggunakan jukung juga dengan status punya sendiri atau sewa.
Barang dagangan yang dijual sama seperti pasar tradisonal lainnya, mulai dari sayur-mayur, buah-buahan, ikan, sembako, mainan dan lain sebagainya. Dulu kala pasar terapung ini sangat ramai sekali aktivitasnya, sehingga jika sedang ramai dan perahu berdesak-desakan para pembeli bisa loncat dari satu perahu ke perahu lainnya untuk membeli barang. Tetapi kini semua sedikit berubah kondisinya, karena adanya pasar di darat. Semoga saja pasar terapung mampu bertahan hingga cucu kamu lahir nanti, dan tetap menjadi objek yang bisa dikunjungi saat sedang berada di Banjarmasin.

Sumber : http://waktupulang.com/2014/09/24/pasar-terapung-sungai-barito-kalimantan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar